Tujuan Dari Olahraga Agar menjaga Kebugaran Jasmani Dan Rohani




 
TUJUAN DARI OLAHRAGA 


Olahraga bertujuan untuk menyehatkan Fisik Dari Luar dan dari dalam , memberikan kebugaran jasmani selama cara-cara melakukannya sudah dalam kondisi yang benar. Cedera yang dialami tergantung dari macam-macamnya olahraga, misalnya olahraga  tenis meja, Sepak bola balapan dan tentu memberikan resiko cedera yang berbeda-beda., di samping itu Tujuan berolahraga adalah agar kesehatan tubuh bisa terjaga dari luar dan dalam itulah sebabnya mengapa para umat islam di anjurkan untuk shalat karena ibadah ini merupakan olahraga bagi umat muslim yang menjaga kebugaran jasmani apalagi Rohani.
Seseorang melakukan olahraga dengan bertujuan untuk mendapatkan kebugaran jasmani, kesehatan maupun kesenangan bahkan ada yang sekedar hobi, sedangkan atlit baik amatir dan profesional selalu berusaha mencapai prestasi sekurang-kurangnya untuk menjadi jawara. 
Adapun faktor-faktor yang mempunyai peran perlu diperhatikan antara lain :
  •  Jenis Olahraga
Kita tahu bahwa setiap macam olahraga, apapun jenisnya, memiliki  peraturan permainan tertentu dengan tujuan agar tidak menimbulkan cedera, peraturan tersebut merupakan salah satu mencegahnya. 
  • Usia Kesehatan Kebugaran
Menurut pemahaman pada saat ini, apa yang disebut proses digenerasi mulai berlangsung pada usia 30 tahun, dan fungsi tubuh akan berkurang 1% pertahun atau Rule of one, Untuk mempertahankan kondisi agar tidak terjadi pengurangan fungsi tubuh akibat degenerasi, maka latihan sangat diperlukan guna mencegah timbulnya Atrofi, dengan demikian bahwa usia memegang peranan.
  • Jenis Kelamin
Menurut Tujuan dari jenis kelamin, Sistem hormon pada tubuh manusia berbeda dengan wanita, demikian pula dengan bentuk tubuh, mengingat perbedaan dan perubahan fisik, maka tidak semua jenis olahraga cocok untuk semua golonganusia atau jenis kelamin. Hal ini apabila dipaksakan, maka akan timbul cedera yang sifatnya pun juga tertentu untuk jenis olahraga tertentu saja.
  •  Pengalaman Teknik Olahraga
Untuk melaksanakan olahraga yang baik dan sehat agar tujuan tercapai perlu persiapan dan latihan yaitu :
o       Metode atau cara berlatihnya.
o       Tekniknya agar tidak terjadi “over use”.
  • Gizi
Olahraga memerlukan tenaga untuk itu perlu gizi yang baik dan menyehatkan , selain itu gizi menentukan kesehatan dan kebugaran. yang harus di perhatikan untuk menjaga kebugaran jasmani adalah Sering mengkomsumsi Vitamin agar tubuh dapat Vit di setiap harinya  Dalam ilmu kedokteran sangatlah jelas bahwa dengan olahraga yang teratur memegang peranan untuk memperoleh badan yang sehat, menghindari penyakit-penyakit seperti penyakit jantung.

1 comments:

  1. olahraga juga menentukan usia kebugaran loh, aku nemu infonya disini http://goo.gl/3F50Dk

    BalasHapus